Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email (PDF) Kurang Dari 500kb

Surat lamaran kerja adalah berkas yang wajib dimiliki bagi anda jika ingin mencalonkan diri sebagai pekerja, baik melamar di perusahaan nasional atau multinasional. Dengan adanya berkas lamaran kerja ini, Pihak personalia/HRD akan mengetahui identitas dan latar belakang diri anda. Sehingga untuk berkas lamaran kerja tidak boleh asal jadi.



Untuk membuat surat lamaran kerja sebetulnya tidak sulit jika sudah mengetahui format penulisan dan strukturnya, Terlebih bagi anda yang sudah pernah melamar pekerjaan, tentunya ada pengalaman tersendiri ketika menulis surat lamaran untuk mencari kerja.

Akan tetapi, kebanyakan perusahaan sekarang menerapkan sistem lamaran secara online, Dalam artian anda tidak perlu mengirimkan surat lamaran kerja berbentuk hardcopy / dengan media kertas. Anda hanya perlu mengirimkan surat lamaran lewat e-mail dengan melampirkan berkas lamaran berformat  PDF / Microsoft Word

Bagi anda yang belum mengenal komputer pasti akan kebingungan, bagaimana cara buatnya ? saya terbiasa membuat lamaran kerja ditulis tangan lalu lampirkan photocopy berkas saja ! .

Jika itu keluhan anda, jangan khawatir, kali ini kangwandi.com akan coba memberikan cara membuat lamaran kerja via email secara berurutan, agar bagi anda yang baru pertama kali membuat surat lamaran secara digital bisa paham tanpa rasa kebingungan.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat lamaran kerja via email, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain :

  • Komputer Yang sudah terinstal Software Microsoft Word
  • Hasil Foto/Scan Dokumen Lamaran ( KTP, Ijazah, SKHUN dll )
  • Akun E-mail

# Komputer Yang Sudah Terinstal Microsoft Word

Sebaiknya jika anda membuat berkas lamaran kerja digital untuk dikirim via e-mail, gunakan komputer/laptop. Karena membuat lamaran kerja dengan komputer lebih mudah jika harus menggunakan perangkat ponsel yang cukup rumit.

Jika tidak punya komputer, sebaiknya anda pergi ke warnet, atau jika ada teman yang punya laptop bisa pinjam terlebih dahulu.

Selain itu, anda harus pastikan bahwa komputer/laptop yang digunakan sudah terinstal microsoft word, jika belum anda bisa ikuti tutorial berikut : Cara Instal Microsoft Word Semua Versi 

Software Microsoft Word berfungsi untuk membuat surat lamaran kerja beserta lampiran ijazah dan dokumen penting lainnya. Tanpa adanya software Microsoft Word, tentu akan sulit untuk membuat lamaran kerja terutama untuk file dengan format pdf . 

# Hasil Scan Dokumen/Berkas Lamaran ( KTP, Ijazah, SKHUN dll )

Jika komputer dan software Ms.Word sudah siap, selanjutnya anda harus menyiapkan dokumen penting berupa ijazah, SKHUN, NPWP dan dokumen penting lainnya yang bisa menjadi penunjang lamaran anda dalam bentuk File Foto.

Jika anda masih bingung, bagaimana merubah Hardcopy dokumen berupa Ijazah, SKHUN dll menjadi file foto, anda bisa melakukan scan terlebih dahulu, baik itu menggunakan scanner yang sering ditemukan di warnet/photocopy atau menggunakan aplikasi android, Salah satunya Aplikasi CamScanner, yang bisa melakukan scan dokumen melalui ponsel android.

Contoh Hasil Scan Ijazah


# Akun E-mail

Selain itu, yang paling penting adalah kamu harus punya akun gmail (Google Mail). Gmail adalah akun e-mail yang dikembangkan oleh google. Saya merekomendasikan anda menggunakan gmail untuk mengirim lamaran kerja via e-mail karena kemudahannya, terlebih ponsel anda android, sudah pasti menggunakan akun gmail.

Selain gmail, anda juga bisa gunakan yahoo mail, atau bing. akan tetapi disini saya akan mempraktekan menggunakan akun Google mail, jika belum punya akun google mail, atau sudah lupa akunnya, anda bisa ikuti tutorial berikut : Cara Membuat Akun Gmail

Setelah ketiga bahan tersebut sudah anda penuhi, sekarang kita menuju tahap pembuatan. Disini saya membuat lamaran kerja dengan format standar, jadi jika perusahaan yang akan anda lamar mensyaratkan sesuai format yang ditentukan, maka jangan khawatir, Anda bisa menyesuaikan saja, karena pada dasarnya sama, hanya ada beberapa perbedaan yang tidak terlalu jauh.

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email Menggunakan Microsoft Word


Sekarang anda buka terlebih dahulu software Microsoft Wordnya, Lalu buat blank dokumen.

Disini, saya akan membuat 3 halaman, yakni halaman pertama untuk membuat surat lamaran, halaman kedua untuk membuat identitas pribadi / CV, dan halaman terakhir adalah lampiran dokumen penting seperti ijazah, SKHUN dan lain-lain.

#1. Halaman Pertama (Membuat Surat Permohonan Kerja / Surat Lamaran)

Pada dasarnya, surat lamaran kerja sama seperti yang anda tulis di kertas, surat ini dimaksudkan untuk memberitahu pihak perusahaan bahwa anda sedang mencari pekerjaan, walau sifatnya formalitas, akan tetapi keberadaan nya sangat penting, terutama untuk menjaga etika kita dalam mencari pekerjaan.

cara membuat lamaran kerja melalui e-mail


Disini saya menggunakan format Microsoft Word Sebagai Berikut :
  • Sebaiknya surat lamaran 1 Lembar tidak boleh lebih
  • Menggunakan ukuran Font 12pt
  • Menggunakan Font Arial, Times New Roman, atau Calibri
  • Margin Kertas Di sesuaikan

Untuk membuat surat lamaran, anda bisa ikuti format penulisan diatas. Namun jika posisi yang anda inginkan adalah seorang desainer, atau jabatan penting, sebaiknya dihias dengan desain grafis yang bagus, akan tetapi jika surat lamaran ini untuk bagian operator produksi, saya kira format diatas sudah masuk standarisasi.

Ada beberapa aspek yang harus perhatikan dalam membuat surat lamaran :

  • Untuk kepala surat, di tuliskan kepada siapa surat ini ditujukan, Contoh diatas ke bagian personalia, jika tujuan surat lamaran anda berbeda, bisa tulis kepada siapa surat itu di tujukan.
  • Untuk perihal, contoh diatas sudah cukup.
  • Untuk mencantumkan identitas diri, sebaiknya disesuaikan dengan Kartu tanda penduduk, tinggal ditambah dengan Nomer Hp dan e-mail yang aktif
  • Tuliskan juga dokumen apa saja yang anda lampirkan di lamaran kerja yang anda buat.
  • Jika anda mempunyai tanda tangan elektronik berupa gambar, bisa di masukan di bawah kata " hormat saya " dan jangan lupa cantumkan nama anda setelah tanda tangan.

#2. Halaman Kedua (Membuat Curiculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup)

Setelah kita membuat surat lamaran kerja, selanjutnya dihalaman kedua kita akan membuat daftar riwayat hidup.

Pembuatan daftar riwayat hidup / Curiculluw Vitae sangat penting dalam melamar pekerjaan. Karena CV bisa menggambarkan riwayat hidup anda sebelum melamar ke perusahaan yang anda tuju. Pihak personalia/HRD akan menganalisis tentang track record anda sebelumnya, mulai dari identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan yang anda punya, dan lainnya.

Pastikan juga, bahwa riwayat hidup anda sesuai dengan kenyataan, jangan dibuat-buat dan jangan dipalsukan, karena jika begitu, anda bisa dituntut hukuman, jelaskan saja apa adanya sesuai yang sebenarnnya.

Untuk format penulisan daftar riwayat hidup contoh nya seperti berikut :

membuat daftar riwayat hidup di microsoft word

Didalam halaman daftar riwayat hidup, ada beberapa hal-hal yang harus anda cantumkan diantaranya  :

  • Identitas diri secara lengkap, tambahkan juga usia saat ini, dan status perkawinan.
  • Cantumkan riwayat pendidikan dari mulai SD sampai anda selesai di jenjang mana, Apakah SMP, SMA/SMK, atau sampai Perguruan Tinggi, cantumkan juga tahun kelulusannya.
  • Jika anda telah memiliki pengalaman kerja, bisa dicantumkan untuk menambah kepercayaan, selain itu cantumkan juga lama bekerja disana dalam format tahun.
  • Lampirkan juga Softfile berupa pas foto. Letaknya di samping identitas anda, seperti contoh diatas.

Jika anda kesulitan menempatkan pas foto di samping identitas anda, bisa ikuti cara berikut :

  1. Buka file foto yang akan dimasukan ke dokumen daftar riwayat hidup, klik menu Insert, lalu klik Pictures.

  2. Setelah klik menu pictures, akan keluar popup untuk memilih foto yang akan di masukan, Silakan pilih foto yang akan dimasukan, lalu tekan Tombol Insert .




  3. Setelah foto berhasil di insert, biasanya ukurannya relatif besar, sesuaikan foto tersebut agar tidak terlalu besar.

  4. Jika ukuran foto sudah sesuai dengan ukuran pas foto, silakan klik kanan pada foto tersebut lalu arahkan ke menu wrap text, setelah itu pilih Square.

  5. Setelah anda memilih menu square , maka foto bisa di pindahkan kemana saja. Letakan pas foto tersebut di samping identitas diri anda, seperti gambar berikut :


  6. Jika sudah selesai, anda bisa ke tahap selanjutnya

#3. Halaman Ketiga, membuat lampiran (Melampirkan Dokumen/Berkas Penting)


Setelah kita selesai membuat daftar riwayat hidup, selanjutnya adalah membuat lampiran. Halaman lampiran ini berisikan dokumen-dokumen penting seperti ijazah, SKHUN atau sertifikat dengan format foto yang telah di scan sebelumnya.

Jika bertanya berapa halaman untuk lampiran, Disesuaikan saja dengan dokumen yang akan dilampirkan, tidak ada batasan, hanya saja jika terlalu banyak melampirkan dokumen berupa foto, akan menyebabkan ukuran file lamaran tersebut menjadi besar.
Lampiran Untuk KTP & NPWP
Lampiran Untuk Ijazah


Didalam halaman ini, anda masukan dokumen penting dalam bentuk foto hasil scan diantaranya :

  • KTP
  • NPWP
  • Ijazah Sekolah Terakhir
  • SKHUN
  • Transkrip Nilai 
  • Sertifikat Pengalaman Kerja
  • Dll, Sesuai Kebutuhan anda.


Untuk membuat halaman lampiran, sebaiknya kita kompress/perkecil dulu ukuran file foto yang akan dimasukan kedalam Ms.Word. Karena ukuran PDF yang besar disebabkan ukuran foto yang dimasukan ke dokumen lamaran relatif banyak dan ukurannya besar.

Karena kita ingin membuat lamaran kerja via e-mail dengan ukuran kurang dari 500kb, salah satu caranya yakni mengkompress ukuran foto scan yang akan dimasukan.

Oleh karena itu, jika anda ingin memperkecil ukuran foto JPG/PNG, ikuti cara berikut :

Cara Memperkecil Ukuran Dokumen Hasil Scan

  1. Buka situs compresspng.com Jika hasil scan berbentuk PNG dan Buka Situs compressjpeg.com/ Jika Hasil scan anda berbentuk JPG.


    Situs Kompres Foto
  2. Setelah itu klik tombol upload files/unggah file , Maka akan muncul Popup seperti dibawah ini, lalu pilih file hasil scan yang akan di kompres.



  3.  Lalu tunggu sampai proses uploading selesai.
  4. Jika proses upload telah selesai, maka akan ada tombol Download Seperti gambar dibawah ini.


  5. Tekan download maka hasil kompres akan terunduh otomatis.

Mengkopres dokumen hasil scan sebetulnya tidak wajib, hanya saja bagi anda yang menginginkan berkas lamaran kerja PDF yang akan dikirim ke e-mail relatif kecil, maka mengkompres file foto ijazah, SKHUN, Sertifikat, dan lainnya sangat direkomendasikan.


Cara Menyimpan Dokumen Lamaran Kerja Menjadi File PDF

Setelah kita selesai menyusun lamaran kerja di microsoft word, selanjutnya anda simpan file tersebut jangan sampai hilang.

Secara default, file yang tersimpan di Microsoft word memiliki formaf .Docx , sedangkan anda ingin merubahnya menjadi format File PDF

Anda jangan khawatir, di software Ms.Word ada fitur yang berfungsi untuk mengkonversi file word menjadi PDF, agar lebih jelasnya lagi, anda bisa baca dulu : Cara Merubah File Word Menjadi PDF.

Setelah dokumen lamaran kerja tersimpan menjadi file PDF, langkah selanjutnya adalah mengirimkannya lewat e-mail menuju alamat e-mail penerima kerja yang sudah anda dapatkan sebelumnnya.

Langkah-langkah Mengirim Lamaran Kerja Lewat E-mail

Disini saya menggunakan akun google mail untuk mengirimkan dokumen ini ke alamat penerima kerja.

  1. Buka akun Gmail anda di alamat Gmail.com / aplikasi ponsel android anda
  2. Setelah itu, tekan tombol tulis. akan muncul box message untuk menulis isi e-mail


  3. Isi email tersebut mulai dari, alamat e-mail tujuan, subjek e-mail, dan isi e-mail tersebut. Anda bisa tiru kata-kata dibawah ini dan modifikasi sesuai kebutuhan.

    cara mengirim lamaran kerja lewat email

    Untuk mengisi kolom e-mail harap perhatikan hal-hal berikut:

    - Kolom "Kepada" diisi dengan alamat e-mail tujuan, yakni alamat penerima pekerjaan
    - Kolom "Subjek" diisi dengan judul e-mail yang ada kirim
    - Kolom "Text Area" diisi dengan kalimat maksud dan tujuan mengirim e-mail tersebut
  4. Setelah Tujuan, subjek dan isi e-mail telah terisi, anda bisa lampirkan lamaran PDF yang telah anda buat sebelumnya. Anda bisa klik lampirkan file dibawah dekat tombol kirim.

  5. Setelah itu, akan muncul popup untuk memilih file yang akan dimasukan ke e-mail.



  6. Setelah file berhasi di unggah, anda bisa tekan tombol Kirim



Apakah anda telah berhasil membuat lamaran kerja via email ? , sangat mudah bukan. Setelah anda berhasil membuat file Lamaran Pekerjaan Berbentuk PDF, sebaiknya simpan dan amankan file tersebut dan jangan sampai hilang, karena berkas lamaran tersebut bisa sewaktu-waktu bisa digunakan. Jadi ketika anda hendak melamar pekerjaan lagi, tidak perlu membuatnya dari awal, anda hanya perlu mengedit sedikit saja untuk memperbaharui informasi mengenai diri anda.

Semoga artikel ini bermanfaat...

Jangan lupa share ke teman anda jikalau ada yang membutuhkan informasi ini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email (PDF) Kurang Dari 500kb"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel