Perintah Dasar Command Prompt (CMD) Yang Sering Digunakan, Lengkap !

Bagi anda yang bergelut di bidang IT, mungkin sudah tidak asing dengan kata 'cmd' ? salah satu aplikasi windows  yang sering digunakan untuk menggunakan sebuah sistem operasi melalui kode/perintah untuk melakukan sesuatu.

perintah dasar cmd

... namun bagi orang yang baru belajar di dunia teknologi informasi, belum mengenal begitu jauh tentang fitur cmd yang ada di windows ini..

Bagi anda yang baru belajar tentang command prompt (cmd) jangan khawatir, karena kali ini kangwandi.com akan sedikit sharing dan berbagi tentang perintah dasar cmd yang sering digunakan untuk manipulasi file atau menjalankan suatu service melalui cmd.

Pengertian Command Prompt (CMD)

Command Prompt (CMD) adalah sebuah perintah dos yang terdapat pada sistem operasi windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi sistem operasi windows tanpa menampilkan sebuah tampilan/grafis.

Command prompt merupakan cara berinteraksi antara brainware dan software sistem operasi windows atau sering disebut dengan sistem operasi CLI (Command Line Interface) sehingga untuk menjalankan suatu perintah harus mengetikan kode-kode tertentu pada aplikasi command prompt tersebut. Berbeda dengan sistem operasi windows GUI (Grafis User Interface)  dimana tampilan grafis lebih dominan, dan untuk menjalankan suatu perintah, cukup dengan bantuan click mouse saja sudah bisa menjalankan suatu aplikasi atau service.


Supaya lebih faham lagi, berikut adalah perintah dasar cmd untuk mengolah suatu file atau folder, melalui perintah/kode command prompt.


Perintah-perintah Dasar CMD (Command Prompt)

1. Perintah Untuk masuk CMD

Cara pertama :

Ketikan Windows + R di keyboard komputer kamu, lalu akan masuk ke menu run, dan ketikan 'cmd' di kolom RUN.



Membuka CMD dengan pintasan


Cara kedua :

Untuk cara kedua, yakni melalui menu serach di windows kamu, ketikan kata 'cmd' di menu search, lalu akan muncul aplikasi cmd di menu tersebut, lalu klik dan akan masuk ke command prompt.

Membuka CMD dengan menu search


2. Perintah-perintah dasar CMD untuk manipulasi folder 

Terdapat banyak perintah/kode pada command prompt, baik itu digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi, service, atau manipulasi folder, berikut adalah perintah-perintah command prompt pada windows.

-  Perintah CMD untuk pindah ke local Disk lain 

Secara default, ketika membuka cmd kita akan diarahkan pada folder c:\users\nama-komputer-kamu, Untuk pindah ke local disk lain, anda hanya perlu menuliskan nama local disk komputer kamu.

Contoh disini kita akan pindah ke localdisk D, dengan perintah D: , seperti pada gambar di bawah ini.



Jika sintaks awal di cmd sudah seperti ini " D:\> " maka anda sudah berada pada localDisk D .

- Perintah untuk masuk ke suatu folder 

Dalam lokal disk tentu ada banyak folder, jika anda ingin masuk ke suatu folder anda bisa ketikan perintah berikut cd nama-folder . 

Seperti Contoh berikut, ( cd belajar-cmd ) 

Untuk menampilkan isi folder bisa ketikan perintah "dir"

Untuk keluar dari folder anda bisa ketikan cd.. maka akan pindah ke folder sebelumnya.


- Perintah Untuk Membuat membuat folder 

Untuk membuat sebuah folder melalui cmd, anda bisa ketikan perintah berikut mkdir nama-folder .

Seperti contoh berikut : mkdir folder-saya



Jadi kita membuat folder di lokaldisk D dengan nama "Folder-saya"

Jika setelah di enter tidak ada error dan baris kedua kosong, maka itu tandanya anda telah berhasil membuat folder baru dengan nama folder-saya.


- Perintah Untuk Menghapus Folder

Untuk menghapus suatu folder, cukup mirip seperti membuat folder, untuk perintahnya seperti berikut rmdir nama-folder  .

Contoh, kita akan menghapus folder-saya  yang tadi telah dibuat :



Jika setelah di enter tidak ada error dan baris kedua kosong, maka itu tandanya anda telah berhasil menghapus folder dengan nama folder-saya.

- Perintah membuat File .Txt di Command Promt

Untuk membuat file dengan extensi .txt pasti biasanya menggunakan aplikasi notepad. Nah bagi anda yang ingin membuat file .txt anda bisa membuatnya, bahkan sangat simple dan cepat, berikut perintahnya.

Perintah untuk membuat file txt  Copy con namafile.txt  lalu setelah itu anda isikan tulisan yang ingin dibuat di baris kedua.





Setelah selesai menulis, tekan CTRL + Z Lalu  Enter.


- Perintah menghapus File .Txt di Command Promt

Untuk menghapus file dengen extensi .txt cukup mudah caranya, anda masuk dulu ke folder yang berisi file yang akan di hapus lalu ketikan " del nama-file-anda.txt " jika berhasil maka file akan terhapus, untuk mengeceknya anda bisa gunakan perintah dir.


3. Perintah Dasar CMD untuk Jaringan Komputer

Selain untuk mengedit dan meghapus file, perintah dasar cmd juga sering digunakan untuk keperluan setting jaringan komputer, dibawah ini adalah beberapa perintah command promptyang sering digunakan oleh para teknisi jarkom untuk melakukan setting jaringan komputer.
  • Ping

    Perintah ping berfungsi untuk melakukan cek dan analisa terhadap koneksi jaringan, biasanya perintah ini sering digunakan untuk mengecek koneksi internet apakah terhubung atau tidak, untuk perintah dari ping ini adalah  " ping ip-address/dns tujuan " .

    Contoh perintah ping : "ping 192.168.1.1 " ip-address tersebut adalah gateway provider penyedia internet. 

  • Nslookup

    Nslookup merupakan perintah cmd yang berfungsi untuk mengetahui ip-address dari sebuah domain, atau alamat ip-address dari layanan internet yang anda gunakan, untuk cara penggunaanya, anda tinggal ketika nslookup lalu enter, dan akan muncul informasi server dan juga ip-address nya.

  • Tracert

    Tracert, merupakan perintah cmd untuk jaringan komputer yang berfungsi untuk melacak jalur yang dilalui paket data menuju ip/host tertentu di Internet.

    Untuk penggunaan perintah ini, anda bisa ketikan tracert ip-address/domain. Contoh : tracert 192.168.0.1
  • Arp

    Perintah arp ini berfungsi untuk mencari tahu  tahu Mac Address atau alamat hardware dari suatu host yang tergabung dalam sebuah jaringan LAN.

    Untuk perintahnya, anda langsung ketikan saja arp maka akan tampil sejumlah informasi tentang mac address dan lain-lain.
  • Route

    Perintah ini biasanya ini digunakan untuk membuat jalur baru (routing) pada komputer ke suatu jaringan, biasanya pada LAN atau WAN
  • ipconfig

    Ipconfig merupakan sebuah perintah yang berfungsi untuk menampilkan informasi suatu network dalam komputer,  didalamnya terdapat informasi ip address, subnet mask. broadcast dan gateway.
  • Netstat

    Perintah netstat ini berfungsi untuk menampilkan statistik koneksi jaringan ke komputer yang sedang kamu pakai.

    Netstat bisa disamakan dengan task manager. Perbedaannya, task manager menampilkan proses dan aplikasi yang sedang berjalan, sedangkan Netstat menampilkan layanan jaringan yang sedang dipakai beserta informasi tambahan seperti ip dan port-nya.

    Untuk perintah nya anda langsung ketikan saja netstat pada command promt komputer anda.
Itulah beberapa perintah dasar cmd baik untuk manipulasi folder/file atau untuk kebutuhan jaringan komputer.

Ingat !! Untuk penulisan sintas tidak memakan tanda petik "" atau kurung ()
Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa digunakan untuk referensi pembelajaran anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perintah Dasar Command Prompt (CMD) Yang Sering Digunakan, Lengkap !"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel