Bukan Rasa, Ini 5 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta Yang Jarang Diketahui

Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta - Anda pecinta kopi, mungkin sudah familiar dengan dua biji kopi ini, robusta dan arabika. Kedua kopi tersebut sangat sering di temukan di negara kita, selain memiliki citarasa, kopi robusta dan arabika memang sangat cocok untuk di tanam di indonesia.

Walaupun sama-sama biji kopi, robusta dan arabika memiliki ciri fisik dan karakter yang berbeda. Kebanyakan orang sering mengenal perbedaan jenis kopi ini dari rasanya saja, jika kopinya terasa pahit, pasti robusta, sedangkan kopi yang memiliki aroma dan sedikit manis pasti arabika.

Sumber gambar : https://www.tokopedia.com/blog/

Jauh daripada itu, ternyata banyak perbedaan antara kopi arabika dan robusta, sehingga bagi anda seorang barista pemula, atau bagi anda pecinta kopi yang sering menyeduh kopi hitam yang mantap di rumah, maka dianjurkan untuk mengenal informasi perbedaan kopi arabika dan robusta lebih banyak lagi, agar anda bisa membedakan antara kedua kopi tersebut.

Kopi arabika sebetulnya berasal dari tanah ethiopia, sebuah negara di timur afrika ini tumbuh pohon kopi yang kemudian di populerkan dan disebarluaskan oleh para pedagang arab ke seluruh dunia, karena pada saat itu, kopi yang berasal dari ethiopia ini tidak tumbuh baik di arab, sehingga para pedagang arab mengenalkan kepada negara-negara yang sering di laluinya ketika berdagang, tak heran jika kopi ini dinamai arabika, karena orang-orang arab turut andil untuk mepopulerkannya

Sedangkan kopi robusta baru di kenal di era kolonial, salah satu negara penghasil robusta terbesar di dunia yakni indonesia tidak lepas dari kolonial belanda yang mana kopi asal afrika ini dibawa secara besar-besaran untuk di tanam di tanah indonesia.

Itulah sedikit sejarah mengenai kopi arabika dan robusta.

Berikut merupakan perbedaan kopi robusta dan arabika secara lengkap, sebagai tambahan edukasi untuk anda para pecinta kopi.

5 Perbedaan Kopi Arabica dan Robusta 

#1.Perbedaan Ukuran Biji Kopi

Bagi anda seorang barista atau pecinta kopi yang sering mengrinder biji kopi, pasti sudah tahu perbedaan ukuran dan bentuk biji kopi robusta ataupun arabika. Nah bagi anda yang belum mengenal atau bahkan melihat biji kopi secara langsung, perlu di ketahui bahwa ada perbedaan bentuk dan ukuran antara kedua biji kopi tersebut.

biji kopi arabika dan robusta


Biji kopi arabica memiliki bentuk dan ukuran biji kopi relatif  panjang, lonjong dan pipih, sedangkan biji kopi robusta relatif bulat penuh dengan ukuran yang relatif kecil.

#2. Kadar Kafein & Gula

Pasti anda sudah familiar jika rasa kopi robusta cenderung lebih pahit daripada arabika. Kenapa hal ini bisa terjadi ? karena kopi robusta memiliki kadar kafein yang tinggi, yakni 2 kali lipat daripada arabika, sehingga rasanya sangat pekat dan pahit.

Sedangkan arabika, memiliki kadar kafein yang rendah, serta memiliki kandungan gula yang lebih banyak daripada robusta, sehingga kopi arabika lebih beraroma dan tidak terlalu pahit walaupun tanpa menambahkan gula.

#3. Cara Budidaya dan Tempat Tanam

Beda jenis kopi, beda pula cara tanamnya. Untuk menanam kopi arabika kita harus memilih lingkungan yang memiliki suhu tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin atau biasanya cocok di tanam di pegunungan dengan  ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl. Tak heran jika kopi arabika ini relatif sulit untuk dibudidayakan.

Sedangkan robusta relatif lebih mudah untuk dibudidayakan, termutama di indonesia yang kebanyakan wilayahnya memiliki cuaca yang panas, selain itu pohon kopi robusta tahan terhadap hama atau cuaca ekstrem, Pohon kopi ini dapat ditanam pada ketinggian 400 hingga 700 mpdl.

#4. Harga & Cara Mendapatkannya

Harus kita akui, bahwa untuk mendapatkan kopi arabika tidak segampang robusta, biasanya kopi robusta sering kita temui, karena kebanyakan kopi kemasan/sachet sering menggunakan robusta sebagai bahan utamanya.

Sedangkan arabika biasanya sering ditemukan di keda/cafe kopi, atau dijual dengan kemasan premium dengan harga yang relatif mahal.

Seperti kita ketahui, bahwa kopi arabika sangat sulit di tanam khususnya di wilayah indonesia, namun bukan berati arabika tidak bisa di tanam di indonesia, banyak kopi arabika asal indonesia yang terkenal yang di ekspor ke luar negeri seperti : toraja, gayo, java preanger dan lainnya.

#5. Cara Penyajian

Karena memiliki rasa dan karakter yang berbeda, kopi ini memiliki cara penyajian yang berbeda antara keduanya. Biasanya untuk kopi arabika, disajikan secara single origin yakni menyeduh kopi tanpa tambahan apapun alias kopi hitam, kopi arabika akan terasa nikmat jika diseduh dengan air panas, karena rasa dan aroma nya sangat cocok untuk dinikmati untuk merasakan rasa kopi yang sesungguhnya.

Berbeda dengan arabika, robusta biasanya disajikan dengan menbahkan campuran rasa baik itu gula, mocca atau susu untuk menghilangkan rasa pahit pekat yang menjadi karakteristik kopi robusta. Sehingga kopi ini sering dijadikan bahan utama untuk pembuatan coffe blend, capucinno, atau latte.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bukan Rasa, Ini 5 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel