Cara Mengembalikan File Hilang / Jadi Shortcut Di Flasdisk Karna Virus

Cara Ampuh Mengembalikan File Hilang Karena Virus - Flashdisk merupakan tempat penyimpanan file paling poluler saat ini, disamping memiliki kapasitas yang cukup memadai, perangkat penyimpanan tersebut tergolong simple dan mudah dibawa.

..namun di samping kemudahan yang di tawarkan terkadang ada masalah yang sering muncul, salah satunya data atau file yang terdapat dalam flasdisk hilang atau terhapus karena virus. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan, terlebih file yang hilang adalah data penting yang tidak ada salinannya.


Biasanya data hilang di flashdisk karena diterjang virus, dimana virus tersebut sering dinamai virus shortcut . Karena jika flashdisk anda terjangkit virus tersebut, file akan hilang atau menjadi sebuah shortcut yang tidak dikenali dan tidak bisa dibuka.

Namun anda jangan kawatir sob.. 

Data yang hilang karena virus bukan berati terhapus ya, namun lebih tepatnya disembunyikan oleh sistem yang dibuat oleh virus tersebut. Tugas kita ialah memunculkan kembali file tersebut dan menghapus file-file yang tidak dikenali.

Untuk caranya cukup mudah dan tidak perlu menggunakan software, kita hanya perlu melakukan perintah command prompt / cmd (khusus untuk sistem operasi windows yaa) lalu file-file yang disembunyikan oleh si virus akan muncul kembali.

Sebelum itu, saya kasih contoh dulu flashdisk yang terkena virus shortcut biasanya seperti ini : 

Salah satu flashdisk yang terkena virus shortcut

Jika seperti itu, anda jangan bingung apalagi panik, dan jangan langsung memformatnya ya sob.. nanti bisa kehapus beneran kalau seperti itu. Biar tidak bertele-tele berikut cara mengembalikan file hilang di flasdisk karena virus.

Cara Mengembalikan File Hilang di Flashdik Dengan Command Promt (CMD)

Karena kita tidak menggunakan software khusus, hanya menggunakan aplikasi cmd di windows, maka sebelum ke proses menampilkan kembali file yang hilang, buka dulu cmd nya dengan cara berikut : 

  1. Colokan flashdisk anda, dan pastikan sudah tersambung dan bisa tampil di komputer.
  2. Tekan kombinasi logo windows dengan tombol r (Windows +R) di keyboard Laptop/Pc Kamu. Setelah itu ketikan perintah cmd di kolom run, seperti gambar berikut :


  3. Setelah itu anda akan masuk ke menu command promt (cmd) seperti tampilah berikut :

  4. Selanjutnya, anda masuk ke flashdisk anda dengan mengentikan huruf flashdisk yang ada di komputer, disini flashdisk saya ditempakan di localdisk G, maka perintah nya ialah : G: Lalu enter, seperti gambar berikut :

  5.  Setelah anda masuk ke localdisk G: anda ketikan perintah berikut untuk menampilkan file anda yang hilang di flashdisk : attrib -s -h *.* /s /d  atau bisa juga ketikan attrib -s -h -r /s /d  . Untuk contoh saya menggunakan cara yang pertama seperti berikut :



    Setelah anda mengetikan itu, dan tidak ada tanda eror atau tulisan di baris ke dua.  maka di pastikan file anda sudah kembali muncul di flashdisk.



  6. Jika sudah selesai, silakan buka localdisk flashdisk anda, untuk melihat folder yang di sembunyikan, anda klik folder yang tanpa nama dan disitulah file-file anda yang disembunyikan oleh virus.

Itulah tutorial mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena virus, mudah kan sob.. jika disara bermanfaat bisa share artikel ini ya, agar saya selalu semangat membagikan tutorial bermanfaat lainnya sob.. terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengembalikan File Hilang / Jadi Shortcut Di Flasdisk Karna Virus"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel