Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Aplikasi Sampai 300kb

Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Aplikasi  -  Portable Document Format atau sering kita kenal PDF, merupakan file dokumen yang sering digunakan, baik untuk keperluan bisnis, akademis dan pemerintahan.



File pdf cukup diminati, karena flexibilitas dalam menggunakannya cukup ringkas, kita bisa membuka file pdf di berbagai platform aplikasi, baik melalui ms word, browser sampai aplikasi khusus seperti adobe acrobat reader sehingga sangat mudah untuk menggunakan file ini.

Dalam dunia akademis, file document berbentuk pdf sering digunakan untuk membuat modul pembelajaran, dan bagi siswa, tugas-tugas berbentuk file document sering digunakan ketika tugasnya dikirim lewat e-mail.

Dalam dunia bisnis dan pemerintahan, file pdf sering digunakan membuat proposal digital, atau berkas-berkas dan surat menyurat digital. Sedangkan bagi para pencari kerja, file pdf sering di syaratkan oleh beberapa instasi terkait, membuat surat lamaran berbentuk pdf yang dikirimkan lewat e-mail.

Sehingga file PDF ini sangat dibutuhkan untuk penunjang kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi di samping kemudahan yang ditawarkan, biasanya file PDF memiliki ukuran file yang cukup besar, sehingga untuk mengirim file melalui e-mail sering gagal karena file terlalu besar dengan koneksi yang tidak stabil. Terlebih bagi anda para pencari kerja, Instansi yang akan anda lamar sering mensyaratkan menggunakan lamaran PDF dengan dile yang kecil kurang ari 500kb.

...hal tersebut untuk mempermudah para penerima kerja, karena ada ribuan e-mail masuk dan harus mendownload file pdf satu persatu, bayangkan saja jika file lamaran anda 1 mb x 1000 pelamar, membutuhkan kuota stabil dan minimal 1GB kuota akan habis untuk proses donwload saja. Tak heran jika instansi penerima kerja sering mensyaratkan membuat lamaran pdf sekecil mungkin.

Namun tak perlu khawatir, saya akan memberikan solusinya.


Bagi anda seorang pencari kerja, pelajar, atau apapun pekerjaan anda, tapi saat ini sedang mencari cara memperkecil pdf, kali ini kangwandi.com akan memberikan sedikit tips untuk mengkompress file pdf yang tadinya berukuran besar menjadi kecil yang bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan cara offline tanpa internet dan online yang membutuhkan koneksi internet untuk memprosesnya. Untuk lebih jelasnnya berikut tutorialnya :

2 Cara Memperkecil Ukuran PDF

Ada berbagai cara untuk memperkecil ukuran file pdf, baik secara online atau offline. Khusus bagi anda yang ingin memperkecil ukuran file pdf untuk kebutuhan lamaran kerja, sebaiknya ikuti dulu tutorial membuat lamaran kerja pdf dengan ukuran kecil, agar mendapatkan hasil sekecil mungkin sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan yang akan anda lamar.

Selain daripada itu, anda bisa langsung ikuti tutorial berikut ini untuk memperkecil ukuran pdf secara mudah tanpa menggunakan aplikasi khusus.

#1. Cara Memperkecil Ukuran PDF melalui Microsoft Office (Offline)

Untuk memperkecil ukuran PDF menggunakan microsoft word, anda harus menggunakan Ms.Word versi 2013 ke atas, karena dibawah itu belum ada fitur khusus untuk memperkecil ukuran pdf. Jika anda tidak punya ms word versi 2013 anda tak perlu khawatir, bisa gunakan cara ke-2 setelah tutorial ini.

Berikut Langkah-Langkah Memperkecil Ukuran PDF Dengan Ms.Office Word


  1. Pertama, buka dulu file PDF melalui ms word. Karena di ms word 2013 ada fitur yang mampu merubah file PDF ke word secara otomatis. Disini saya menggunakan word versi 2016, pada dasarnya sama, namun hanya beda tampilan saja.

  2. Setelah membuka file PDF maka akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini, tekan OK. Perintah tersebut berfungsi untuk melakukan proses konversi PDF ke Word

    Proses konversi file pdf ke word
  3. Setelah itu, file PDF tersebut akan menjadi file word dan bisa di edit isinya.
  4. Untuk menyimpan file menjadi bentuk PDF dengan ukuran yang kecil anda bisa klik file (di kiri atas pojok ) lalu klik menu export.

  5. Setelah ke manu export, klik create PDF/XPS document


  6. Setelah itu, akan muncul popup save, lalu pilih radio-box, optimize for ke Minimum Size (Publishing Online ). Lalu klik Save.


  7. Atau jika tidak ada tombol export, anda bisa klik save as, lalu pindahkan save as type dari word ke pdf, setelah itu anda bisa ikuti cara ke-6 diatas.


#2.Cara Memperkecil Ukuran PDF Menggunakan Website Compress PDF (Online)


Selain menggunakan microsoft word, anda juga bisa menggunakan situs penyedia compressed pdf secara online. Ada banyak situs yang menyediakan fitur compress pdf, hanya saja banyak yang tidak akurat dalam segi mengkompresnya, sehingga tidak banyak perubahan.

Disini saya menggunakan website untuk memperkecil file pdf anda menggunakan 
shrinkpdf.com, web tersebut cukup bagus dan akurat untuk bisa memperkecil file pdf anda sampai 90%, sehingga patut anda coba.

Berikut Langkah-langkah memperkecil ukuran PDF secara online :

  1. Buka situs http://shrinkpdf.com
  2. Setelah itu klik tombol upload files/unggah file.
  3. Tunggul hingga proses upload selesai.
  4. Setelah proses upload dan compress selesai, biasanya akan ada tombol download dalam kotak file yang sudah di upload.
  5. Setelah itu klik download, dan file akan terunduh secara otomatis.

Untuk hasil kompresi nya cukup bervariasi, hal tersebut tergantung dari ukuran file yang akan di kompres, rata-rata kegiatan kompresi ini akan memangkas ukuran PDF sebesar 70%. Jadi jika ukuran file anda 1Mb, ukuran file pdf setelah di kompres bisa menjadi 300kb saja.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa digunakan untuk melakukan kompres pdf lebih efektif dan cepat, untuk kebutuhan anda.

Terima kasih..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Aplikasi Sampai 300kb"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel