5 Bahaya Menggunakan VPN di Android Untuk Membuka Situs Terlarang

Bahaya VPN di Android - Bagi anda yang ingin membuka situs yang di blokir oleh pihak penyedia internet, maka solusinya ialah menggunakan vpn, dengan begitu situs yang diblokir akan bisa di akses kembali. Akan tetapi anda harus mewaspadainya, karena ada resiko negatif yang di timbulkan jika anda menggunakan aplikasi vpn untuk membuka situs yang di block.

Bahaya VPN di Android
Virtual Private Network

Aplikasi VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah fasilitas digital yang digunakan untuk menghubungkan antar koneksi pribadi/privat melalui jaringan yang bersifat publik (internet). Aplikasi VPN merupakan solusi yang digunakan untuk membuka situs terlarang atau situs diblokir pihak provider, sehingga tidak bisa di akses oleh jaringan internet biasa.

Menurut expressvpn.com jika jaringan internet anda menggunakan vpn, maka akses internet anda tidak akan terdeteksi dari pemblokiran, pengintaian, sensor dari pihak provider/penyedia internet tersebut. Sehingga situs-situs yang di block oleh pihak provider bisa diterobos dengan bantuan vpn ini. Dengan aplikasi virtual private network ini seolah-olah kita sedang membuka situs dari luar negeri, karena biasanya vpn menyediakan beberapa alternatif sever seperti singapore, amerika, atau canada.


Di indonesia pengguna vpn cukup tinggi, hal tersebut di ungkapkan oleh sebuah survey GlobalWebIndex, menyajikan data bahwa peringkat pertama pengguna vpn di dunia adalah indonesia, sebanyak 41% , melampaui Thailand dengan angka 39 %, serta Brasil, Arab Saudi, Turki, dan Uni Emirat Arab yang masing-masing mencapai angka 36 %.

Hal tersebut tidak mengherankan, karena aplikasi vpn sangat mudah ditemukan, baik itu di situs web atau play store, yang berbayar atau yang gratis pun banyak ditemukan. Sehingga sangat mudah untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh penyedia provider internet di indonesia.

Menggunakan VPN sebetulnya tidak terlarang, terlebih untuk kebutuhan jaringan komputer, akan tetapi anda harus mewaspadainya, karena ada resiko berbahaya jika menggunakan vpn untuk kebutuhan pribadi secara tidak benar.

Apa saja bahaya yang ditimbulkan jika menggunakan vpn untuk membuka situs yang di blokir ?

Berikut merupakan bahaya Vpn di Android untuk membuka situs yang diblokir, jika tidak digunakan dengan benar.


#1. Bisa Membuka Data Pribadi & Mencurinya

Perlu kita ketahui, smartphone saat ini menyimpan data-data penting berupa kontak nomor, history transaksi, akun google atau akun perbankan yang bisa tersimpan di history telepon, sehingga banyak data-data penting yang tersimpan di dalamnnya.

Jika anda menggunakan vpn gratis / belum terpercaya, maka tidak ada jaminan enkripsi data oleh perusahaan penyedia vpn tersebut, karena setiap aplikasi bisa mengambil seluruh data di ponsel tanpa sepengetahuan pemilik, jika hal tersebut terjadi, maka data di ponsel anda akan bocor.

Jika data anda sudah bocor dan terambil oleh pihak vpn, maka akan sangat berbahaya, bisa jadi pihak pengembang vpn tersebut menjual data pribadi anda secara ilegal. Jadi anda harus hati-hati dan pikir dua kali jika ingin menggunakan vpn gratisan.

#2. Rentan Tersusupi Virus

Dengan menggunakan vpn, maka penggunaan internet akan semakin bebas tak terkendali, karena menyambungkan internet lintas negara. Dengan akses yang tidak terbatas, maka akan banyak virus berbahaya bertebaran di internet. Virus tersebut beresiko masuk ke ponsel anda, karena tidak adanya jaminan keamanan pada vpn terutama yang berlisensi gratis.

Dengan menggunakan vpn, maka anda tidak dilindungi oleh sistem firewall pihak provider penyedia internet. Sehingga menjadi sebuah peluang/celah bagi para hacker untuk menyisipkan virus berbahaya seperti malware, trojan dan virus lainnya yang bisa menjebol seluruh data yang ada di ponsel anda dan jatuh ke pihak hacker.

Tentu hal tersebut tidak anda inginkan, maka berhati-hatilah memilih aplikasi VPN, agar terhindar dari aktivitas hacker.

#3. Bisa Melacak Aktivitas Online Pengguna VPN

Berdasarkan studi, sebanyak 72% aplikasi vpn bisa melacak aktivitas online anda ketika menggunakan smartphone android. Hal tersebut terjadi, karena ketika seseorang menginstal vpn yang tidak dipercaya, mampu masuk ke akses ponsel anda, sehingga bisa memantau secara diam-diam aktivitas pengguna.

Biasanya aktivitas online pengguna ini akan di jual ke pihak advertising untuk kegiatan promosi, untuk memasarkan produk sesuai tingkah laku pengguna. Namun yang paling mainstream, jika data tersebut dijual ke pihak mata-mata, maka anda bisa terlacak keberadaanya kapanpun dan dimanapun, karena android memiliki aplikasi maps yang bisa membaca lokasi pengguna ponsel secara akurat.

#4. Terkena Virus Adware

Adware merupakan sebuah virus yang bisa menampilkan iklan pada perangkat ponsel android anda, iklan tersebut bisa muncul kapan saja di layar android anda tanpa bisa dikendalikan oleh pengguna android tersebut, sehingga bisa menggangu aktivitas pengguna.

Bagi anda yang menginstal VPN, harap hati-hati, biasanya aplikasi vpn gratis sering menyisipkan adware ke ponsel anda dan menampilkan iklan yang bisa menggangu di layar android anda. Walaupun dengan iming-iming gratis, tentu pihak aplikasi mengambil keuntungannya daripada iklan yang di sisipkan ke ponsel pengguna vpn tersebut.

#5. Rentan Terkena Penyadapan

Selain itu, bagi anda yang menggunakan jaringan internet dengan VPN gratisan, rentan terkena penyadapan / man in the middle . Hal tersebut terjadi, karena pihak hacker sudah bisa mengakses ponsel anda diakibatkan tidak adanya pengamanan khusus.

Biasanya penyadapan ini terjadi ketika pengguna sedang berkomunikasi atau bertransaksi, dengan begitu pihak penyadap bisa mengetahui isi komunikasi dan data transaksi yang telah dilakukan. Jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan pencurian data bukan hanya di ponsel saja, melainkan terhadap akun-akun penting seperti perbankan, kartu kredit dan lainnya.

Sehingga anda harus waspada akan bahaya VPN di android ini.

Itulah sedikit informasi mengenai bahaya vpn di android, saran dari saya gunakanlah aplikasi vpn yang berbayar dengan jaminan keamanan yang ditawarkan, atau jika anda memang sedang membutuhkan vpn tapi tidak ada dana, gunakan vpn bukan untuk kegiatan transaksi atau komunikasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan anda. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Bahaya Menggunakan VPN di Android Untuk Membuka Situs Terlarang"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel